Saturday, November 1, 2008

SUKINI ISI DAGING (HOBAKSEON)


Bahan:
2 buah sukini (@ ukuran 20 cm)
375 ml air, untuk merendam
1 sdt garam
3 buah jamur hioko kering
150 g daging cincang
1 sdm minyak goreng
1 sdm kecap asin encer
1 sdm gula pasir
75 ml kaldu sapi
1 lembar telur dadar, iris tipis
1 buah cabai merah, iris tipis

Perendam: (aduk jadi satu)
2 sdm kecap asin encer
1 sdm gula pasir
1 sdm daun bawang cincang halus
2 sdt bawang putih cincang
2 sdt minyak wijen
2 sdt wijen sangria, haluskan
½ sdt merica hitam, gerus kasar



Cara Membuat:
1. Potong-potong serong sukini ukuran 5 cm. Keluarkan bijinya. Rendam potongan sukini dalam campuran air dan garam hingga meresap (kurang lebih 30 menit)




2. Rendam jamur dalam air panas sampai lembek, peras air perendamnya, cuci di bawah air mengalir. Buang tangkai jamur, cincang halus jamur. Campur jamur cincang, daging cincang, dan bahan perendam, aduk hingga rata. Sisihkan agar bumbu meresap (kurang lebih 30 menit)

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan di atas api besar, masukkan campuran daging cincang. Tumis hingga daging matang (kurang lebih 2-3 menit), angkat


4. Tiriskan sukini dan air perendamnya. Keringkan bagian dalam sukinidengan tisu dapur sampai benar-benar kering. Masukkan bahan isi ke dalam lubang sukini, lakukan hingga bahan habis, sisihkan.



5. Campur kecap asin, gula, dan kaldu dalam panci. Jerang di atas api sedang hingga mendidih. Masukkan sukini isi ke dalam wajan, masak hingga mendidih. Kecilkan api, teruakan memasak sambil siram-siram sukini dengan air perebusnya hingga sukini empuk.


6. Keluarkan sukini isi dari wajan, taruh di atas piring saji. Taburi permukaanya dengan telur dadar dan cabai merah iris, sajikan

No comments: