Monday, November 3, 2008

BELAJAR MEMBUAT PEMPEK

Siapa tak kenal dengan pempek? Kudapan khas Palembang ini punya penggemar di mana-mana. Tak melulu orang Indonesia, lo. Orang asing juga mencintai kudapan yang dibuat dari bahan ikan ini. Nah, mari kita belajar membuatnya.

Ikan yang Digunakan
Di Palembang orang membuat pempek dari ikan belida atau ikan gabus. Karena ikan belida sulit di dapat di daerah lain, orang di luar Palembang mencoba memodifikasinya dengan ikan tenggiri. Apa pun jenis ikan yang Anda pilih, ikan tersebut harus segar agar hasil pempek enak dan lezat. Ciri-ciri ikan segar antara lain: tidak berbau dan masih kenyal.

Cara Melembutkan Ikan
Daging ikan yang sudah dipisahkan dari tulangnya itu biasanya dilembutkan melalui saringan khusus yang ditekan-tekankan di atas daging ikan. Saringan ini berbentuk piring dengan bagian tengah cekung ke dalam. Bagian yang cekung ini berlubang-lubang mirip cetakan cendol. Ikan yang ditekan-tekan oleh cetakan akan keluar melalui lubang tadi.

Bahan Pempek
Bahan dasar pempek sebetulnya hanya ikan, kanji, dan perasa. Perbandingan bahan-bahan itu salah satu faktor yang menentukan kelezatan pempek.

Cara Membuat
Enaknya pempek juga ditentukan bagaimana kita menguleni ikan. Sebaiknya ikan dalam keadaan dingin. Pengulenan ikan dilakukan sampai ikan menjadi kalis.
Setelah kalis, ikan dicampur dengan perasa dan kanji. Saat sudah dicampur kanji, adonan hanya boleh diaduk rata, tidak boleh diuleni agar pempek tidak keras.
Habis itu, pempek dibentuk dan diisi lalu direbus untuk akhirnya digoreng.

Variasi Pempek
Pempek punya beberapa variasi. Variasi antara lain berdasar bentuk dan isi. Tiap variasi punya nama sendiri, yaitu:
-Pempek Lenjer
Pempek yang berbentuk panjang seperti guling kecil, tanpa isi.
-Pempek Kapal Selam
Bentuknya setengah lingkaran dengan bagian bawah menggembung. Di dalamnya ada telur. Telur ini diisikan ke dalam kulit pempek dalam keadaan mentah.
-Pempek Lenggang
Pempek yang ini berupa irisan pempek lenjer yang dicampur kocokan telur lalu didadar.
-Pempek Adaan
Bentuknya bulat seperti bola tanpa isi.
-Pempek Kerupuk
Bentuknya seperti kerupuk mi, tetap kecil.
-Pempek Kulit
Berbentuk lingkaran, terbuat dari campuran kulit ikan dan daging ikan.
-Pempek Tahu
Pempek yang di dalamnya terdapat tahu.

1 comment:

Anonymous said...

heloo....
mpe2 ya
ternyata bikin mpe2 ngak gt susah ya
lumyan bisa bkin sndiri buat mkan di rumah hehehee