Saturday, November 1, 2008

KULIT KENTANG ISI



Bahan:
750 gr (4 buah) kentang
saus tomat/saus sambal, untuk olesan
mentega/ margarin leleh, untuk olesan

Isi:
30 gr mentega/ margarin
100 gr bawang bombai, cincang halus
30 gr tepung terigu
250 ml kaldu ayam
350 gr kentang hasil kerukan
2 sdm keju parut
¼ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
1/8 sdt pala

Taburan:
3 sdt mentega/ margarin, campur dengan 3 sdm tepung roti, remas-remas
50 gr udang kecil, kupas, tinggalkan ekornya
2 sdm paprika/ cabai merah dan hijau, potong dadu kecil


Cara Membuat:
1. Cuci kentang hingga bersih. Belah masing-masing menjadi 2 bagian memanjang. Keruk bagian tengahnya hingga berlubang dengan dasr dan keliling sisi kentang setebal ½ cm. Pisahkan hasil kerukan, kukus 20 menit, sisihkan.

2. Isi: Panaskan wajan, masukkan mentega/ margarin, tumis bawang bombai hingga harum. Masukkan tepung terigu, aduk sambil dituang kaldu sedikit demi sedikit hingga adonan licin.


3. Masukkan kentang kukus, aduk sambil ditekan-tekan agar kentang hancur. Tambahkan keju parut, garam, merica dan pala bubuk, aduk rata, angkat.














4. Panaskan oven dengan suhu 200C. Olesi dasar dan sisi kulit kentang dengan saus tomat/ saus sambal. Isi kulit kentang dengan adonan isi hingga agak munjung, ratakan dengan garpu. Olesi kulit kentang maupun sisi kentang dengan mentega/margarin leleh.


5. Panggang dalam oven selama kurang lebih 30 menit, keluarkan, beri taburan paprika dan atau udang serta remahan roti sesuai selera. Panggang lagi 15 menit. Keluarkan dan sajikan panas-panas.

1 comment:

rocky said...

semua makanan yang Anda show up sangat menggiurkan, sepertinya enak-enak semuanya..
blog yang Anda buat ini membahas pengalaman kuliner dan resep masakan untuk membuatnya. Ada baiknya Anda lebih concern di satu bidang saja. jika anda dapat memilih satu dari kedua hal tersebut, saya yakin blog ini akan lebih sering dikunjungi oleh bloggers..
semoga sukses!